Hannypoeh's Blog

IKHLAS BHAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWA LAKSANA

LUAS DAN VOLUME KUBUS, BALOK, PRISMA, DAN TABUNG

pada Desember 18, 2011

KONSEP PEMBELAJARAN LUAS DAN VOLUME KUBUS, BALOK, PRISMA, DAN TABUNG

“Makalah ini kami susun guna melengkapi tugas kelompok
mata kuliah Pembelajaan Matematika di MI”

Dosen Pembimbing Drs. Triyono, M.Pd

Disusun Oleh :
Kelompok III
1. Hanifah Ganda Utami (10.209160)
2. Islahyatul Mahmudah (10.209162)
3. Nur Hidayah (10.209166)

PGMI IV-A
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
( STAINU ) KEBUMEN
TAHUN AKADEMIK 2010-2011

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr .wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Matematika di MI yang kami beri judul “ Konsep Pembelajaran Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma, dan Tabung ”.
Dalam penulisan karya tulis ini kami tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih kepada:
1. Bapak Drs. Yriyono, M.Pd selaku pembimbing mata kuliah Pembelajaran Matematika di MI.
2. Kedua orang tua kami yang telah memberi motivasi kepada kami.
3. Teman-teman kami yang telah memberi semangat.
4. Serta semua pihak yang membantu tersusunnya makalah ini.
Tidak ada yang dapat kami perbuat untuk membalas budi semua pihak kecuali mendoakan semoga amal baik yang telah diberikan kepada kami termasuk amal shaleh yang diterima di sisi Allah SWT.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan kami. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Kebumen, Juni 2011

Penyusun

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . iii
BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
A. Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
B. Rumusan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
BAB II PEMBAHASAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
A. Luas Daerah Permukaan Kubus . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
B. Luas Daerah Permukaan Balok . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
C. Luas Daerah Permukaan Prisma . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
D. Luas Daerah Permukaan Tabung . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
E. Volume Balok . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
F. Volume Kubus . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
G. Volume Prisma . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
H. Volume Tabung . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
BAB III PENUTUP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
A. Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
B. Saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
DAFTAR PUSTAKA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 6
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam melengkapi pembelajaran pemahaman bangun-bangun ruang, tentu saja kita dapat mempersoalkan pembelajaran tentang luas permukaan dan volumenya. Pendalaman dan perluasan pemahaman konsep-konsep bangun ruang akan menjadi bekal utama bagi kita dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SD / MI , maupun dalam mempelajari materi matematika lanjutan lainnya.
Beberapa kompetensi khusus yang diperlukan antara lain:
Menjelaskan konsep luas bangun ruang dengan menggunakan media yang sesuai,
Menjelaskan konsep volume bangun ruang dengan menggunakan media yang sesuai,
Menggunakan konsep luas atau volume bangun ruang untuk menyelesaikan masalah dalam matematika atau masalah kehidupan sehari-hari.
Melihat dari masalah itu kami dari penulis mencoba untuk membahas tentang Konsep Pembelajaran Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma, dan Tabung. Tidak terlepas dari hal ini semoga makalah ini bisa membantu kesulitan teman-teman dalam memahami tentang Luas dan Volume Bangun Ruang.
Rumusan masalah
Dari latar belakang tersebut, maka dalam makalah ini akan membahas mengenai beberapa masalah, antara lain:
Bagaimana luas daerah permukaan kubus ?
Bagaimana luas daerah permukaan balok ?
Bagaimana luas daerah permukaan prisma ?
Bagaimana luas daerah permukaan tabung ?
Bagaimana volume balok ?
Bagaimana volume kubus ?
Bagaimana volume prisma ?
Bagaimana volume tabung ?

BAB II
PEMBAHASAN
Luas Daerah Permukaan Kubus
KONSEP PEMBELAJARAN

* Benda konkret seperti : dadu, rubik, tempat kapur dll.
* Semi konkret berupa gambar kubus.
* Abstrak berupa sifat atau karakteristik khusus dari kubus: memiliki 6 sisi berupa bujursangkar / persegi yang kongruen ( sama & sebangun ).
MEDIA BERBENTUK KUBUS

Luas tiap daerah sisinya = Luas daerah persegi yang rusuknya a cm, yaitu:
L = a cm x a cm = a² cm²
Luas daerah seluruh bidang sisi kubus=Luas daerah permukaan kubus = 6 x a² cm²= 6 a² cm²

Luas daerah permukaan kubus = luas daerah seluruh bidang sisi kubus = 6 kali kuadrat yang menyatakan ukuran panjang rusuknya.
Luas Daerah Permukaan Balok

Jumlah luas daerah bidang alas & bidang atas = 2 pl cm²
Jumlah luas daerah semua sisi tegak = ( 2pt + 2lt ) cm²
Luas daerah permukaan balok = Luas daerah seluruh bidang sisi balok = (2 pl +2 pt +2 lt) cm²

Luas daerah permukaan balok = Luas daerah bidang-bidang sisi balok = 2 kali jumlah hasil kali sepasang-sepasang rusuk utamanya yang berlainan.
Luas Daerah Permukaan Prisma

Misal : Prisma segitiga ABC.EFD
Jika diiris menurut rusuk-rusuk FC, DF, EF, AC dan BC maka didapat jaring-jaring ;

Kesimpulan :
Contoh:
Hitunglah luas permukaan prisma segitiga dengan alas berbentuk segitiga siku-siku berukuran 3 cm, 4 cm, 5 cm dan tinggi prisma 10 cm !
Jawab:
Sisi alas; a = 3 cm ; t = 4 cm
Luas alas = ½ (a x t) = ½ (3 cm x 4 cm) = ½ x 12 cm2 = 6 cm2
Keliling alas = 3 cm + 4 cm + 5 cm = 12 cm
Luas permukaan prisma = ( 2 x luas alas ) + ( keliling alas x tinggi )
= (2 x 6 cm2 ) + ( 12 cm x 10 cm )
= 12 cm2 + 120 cm2
= 132 cm2
Jadi luas permukaan prisma tersebut 132 cm2.

Luas Daerah Permukaan Tabung (SILINDER)

Luas daerah lingkaran atas = π r² ; Luas daerah lingkaran alas = π r²
Luas daerah persegi panjang = 2 π r t
* Jadi, luas daerah permukaan tabung :
L = luas bidang alas + luas bidang atas + luas bidang lengkung tabung
= π r² + π r² + 2 π r t

Volume Balok

Volume balok sama dengan hasil kali perkalian dari bilangan-bilangan yang menyatakan panjang, lebar, dan tinggi dari balok tersebut.
Volume Kubus

Volume kubus sama dengan pangkat tiga dari bilangan yang menyatakan rusuknya.
Volume Prisma

V balok = p x l x t
= L x t ( L= Luas alas )
Luas alas balok = luas alas prisma = L

Volume Tabung

(a) (b) (c)
Karena alas tabung berbentuk lingkaran & rumus luas lingkaran untuk jari-jari r adalah π r², maka:

π = 3, 14 atau 22/7

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam menyampaikan konsep luas dan volume pada bangun ruang, sebaiknya dilakukan dalam 3 tahap, yaitu:
Tahap pengenalan konsep melalui benda-benda konkret berbentuk bangun ruang.
Tahap pengenalan konsep secara semi konkret melalui gambar bangun ruang.
Tahap pengenalan konsep secara abstrak melalui sifat-sifat / karakteristik khusus bangun ruang.
Luas daerah permukaan suatu bangun ruang adalah luas daerah bidang-bidang sisi bangun ruang tersebut.
Luas permukaan kubus = 6a²
Luas permukaan balok = 2 ( pl + pt + lt )
Luas permukaan prisma = (2 x L alas ) + ( K alas x t )
Luas permukaan tabung = 2 π r (r + t)
Volume adalah suatu ungkapan yang menyatakan “besarnya” suatu bangun ruang. Besarnya suatu bangun ruang dapat diungkapkan bila ada bangun ruang yang lebih kecil yang dijadikan patokan yang disebut satuan volume (volume satuan). Dengan patokan berupa satuan volume (biasanya 1 cm³) dikembangkan aturan (rumus) untuk volume bangun-bangun ruang:
Volume balok = p x l x t ( p = panjang, l = lebar, dan t = tinggi)
V kubus = a³ ( a = rusuk kubus )
V prisma = L x t ( L = Luas alas dan t = tinggi )
V tabung = π r² t ( r = jari-jari lingkaran alas / atas, t = tinggi, π = 3, 14 atau 22/7 ).
Saran
Kami selaku penyusun menyadari masih jauh dari sempurna dan tentunya banyak sekali kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Hal ini disebabkan karena masih terbatasnya kemampuan kami.
Oleh karena itu, kami selaku pembuat makalah ini sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun. Kami juga mengharapkan makalah ini sangat bermanfaat untuk kami khususnya dan pembaca pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA

http://www.edukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/viw&id=326&uniq=all

http://www.kubusdanbalok.blogspot.com/

http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-matematika/belajar-matematika-dasar-pengertian-tentang-volume-dari-suatu-bangun-ruang/

http://ridho2009.wordpress.com/2009/04/24/rumus-tentang-tabung-balok-prisma-dan-segitiga/

http://id.wikibooks.org/wiki/Subjek:Matematika/Materi:Volume_bangun_ruang

http://id.wikipedia.org/wiki/Volume

Diunduh pada hari Sabtu, 11 Juni 2011

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: