Hannypoeh's Blog

IKHLAS BHAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWA LAKSANA

Silabus Qur’an Hadis

pada Desember 8, 2011

SILABUS
AL-QUR’AN – HADIST
KELAS 1 SEMESTER 1

KELOMPOK I:
1. HANIFAH GANDA UTAMI (10.209160)
2. NURHIDAYAH (10.209166)
3. SRI NUR HIDAYATI (10.209176)
4. WARJUKONI (10.209181)

PROGRAM S1. PGMI / VA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDATUL ‘ULAMA
( STAINU ) KEBUMEN
2011

SILABUS

Nama Madrasah : MI
Mata Pelajaran : Al-Qur’an-Hadis
Kelas / Semester : I / 1

STANDAR KOMPETENSI : 1. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Metode Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1 2 3 4 5 6 7
1.1. Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih Surat al-Fatihah • Guru membacakan surat Al-fatihah
• Peserta didik menirukan pelafalan guru dengan dibimbing guru secara bersama-sama
• Peserta didik melafalkan surat Al-fatihah sesuai dengan tajwid di depan kelas
• Bermain kartu ayat pada surat al-fatihah (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)

• Melafalkan surat al-Fatihah tiap ayat
• Melafalkan surat al-Fatihah sesuai dengan tajwid
• Melafalkan surat al-Fatihah secara benar dan fasih Ceramah bervariasi, tanya jawab, sort card, permainan. Demonstrasi
Bentuk instrumen
Unjuk kerja
4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat
Surat an-Nas • Guru membacakan surat An-nas
• Peserta didik menirukan pelafalan guru dengan dibimbing guru secara bersama-sama
• Peserta didik melafalkan surat An-nas sesuai dengan tajwid di depan kelas
• Bermain kartu ayat pada surat an-nas (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)

• Melafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat
• Melafalkan surat an-Nas secara acak
• Melafalkan surat an-Nas secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja
4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat
Surat al-Falaq • Guru membacakan surat Al-falaq
• Peserta didik menirukan pelafalan guru dengan dibimbing guru secara bersama-sama
• Peserta didik melafalkan surat Al-falaq sesuai dengan tajwid di depan kelas
• Bermain kartu ayat pada surat al-falaq (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
• Melafalkan surat al-Falaq tiap ayat
• Melafalkan surat al-Falaq sesuai tajwid
• Melafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja

4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat
Surat al-Ikhlas • Guru membacakan surat Al-ikhlas
• Peserta didik menirukan pelafalan guru dengan dibimbing guru secara bersama-sama
• Peserta didik melafalkan surat Al-ikhlas sesuai dengan tajwid di depan kelas
• Bermain kartu ayat pada surat al-ikhlas (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
• Melafalkan surat al-Ikhlas tiap ayat
• Melafalkan surat al- Ikhlas sesuai tajwid
• Melafalkan surat al- Ikhlas secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja
4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat
Surat al-Lahab • Guru membacakan surat Al-lahab
• Peserta didik menirukan pelafalan guru dengan dibimbing guru secara bersama-sama
• Peserta didik melafalkan surat Al-lahab sesuai dengan tajwid di depan kelas
• Bermain kartu ayat pada surat al-lahab (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
• Melafalkan surat al-Lahab tiap ayat
• Melafalkan surat al- Lahab sesuai tajwid
• Melafalkan surat al- Lahab secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja
4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat
1.2 Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih
• Surat al-Fatihah • Membaca berulang-ulang surat al-Fatihah tiap ayat
• Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-Fatihah
• Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok dalam bentuk permainan (snowball throwing).

• Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat
• Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak
• Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih
Ceramah bervariasi, Drill, Snowball throwing, Bentuk instrumen
Unjuk kerja
4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat
Surat an-Nas • Membaca berulang-ulang surat an-nas tiap ayat
• Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat an-nas
• Menghafal surat an-nas secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok dalam bentuk permainan (snowball throwing).
• Menghafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat
• Menghafalkan surat an-Nas secara acak
• Menghafal surat an-Nas secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja
4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat
Surat al-Falaq • Membaca berulang-ulang surat al-falaq tiap ayat
• Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-Falaq
• Menghafal surat al-Falaq secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok dalam bentuk permainan (snowball throwing).
• Menghafalkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat
• Menghafalkan surat al-Falaq secara acak
• Menghafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja

4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat

Surat al-Ikhlas • Membaca berulang-ulang surat al-ikhlas tiap ayat
• Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-ikhlas
• Menghafal surat al-ikhlas secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok dalam bentuk permainan (snowball throwing).
• Menghafalkan surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat
• Menghafalkan surat al-Ikhlas secara acak
• Menghafalkan surat al-Ikhlas secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja
4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat

Surat al-Lahab • Membaca berulang-ulang surat al-lahab tiap ayat
• Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-lahab
• Menghafal surat al-Lahab secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok dalam bentuk permainan (snowball throwing).

• Menghafalkan surat al-Lahab sesuai urutan ayat
• Menghafalkan surat al-Lahab secara acak
• Menghafalkan surat al-Lahab secara benar dan fasih Bentuk instrumen
Unjuk kerja

4 jam pelajaran (2xpertemuan) • Buku paket
• Juz ‘Amma
• Buku yang relevan
• Kartu ayat

………… , ………………………..
Mengetahui Guru bidang studi
Kepala Madrasah

……………………………….. ……………………………….
NIP. NIP.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: